Home » » Cara belajar yang baik untuk mendapatkan nilai yang sempurna

Cara belajar yang baik untuk mendapatkan nilai yang sempurna

Kebiasaan buruk setiap orang saat belajar adalah belajar dengan sistem kebut semalam atau yang biasa disebut SKS. Sebenarnya cara tersebut tidak salah digunakan untuk belajar bagi orang yang mudah menghafal. Tetapi bagi anda yang susah untuk menghafal pasti akan kewalahan jika anda akan menghadapi ujian keesokan harinya. Iming-iming ingin mendapat nilai yang tinggi dan memuaskan, tetapi malah justru kegagalan saat mengerjakan ujian yang didapat. Terkadang anda melihat teman anda yang paling pintar di kelasmu dan yang terbesit di pikiran anda adalah pasti dia belajar dengan keras siang dan malam jadi penghuni perpustakaan bahkan dia menangkas semua kesenangan mereka demi mendapat gelar murid terbaik. Tetapi anggapan tersebut tidak semuanya benar. Mereka yang memiliki prestasi yang gemilang tidak semuanya belajar sekeras yang kita pikirkan. Untuk itu disini Caracepat.Biz akan mengulasbagaimana cara belajar yang baik agar anda mendapat hasil yang memuaskan.

6 cara belajar yang baik untuk mendapatkan nilai yang sempurna

1. Luangkan waktumu untuk membaca pelajaran yang tadi anda pelajari dikelas

Jika anda susah menerapkan sistem belajar dengan sistem kebut semalam maka hal yang perlu anda lakukan adalah dengan cara mengulang kembali pelajaran yang anda dapatkan. Luangkan sedikit waktumu untuk membaca pelajaran yang tadi dipelajari dikelas. Dengan cara itulah sedikit demi sedikit pelajaran yang tadi anda serap di sekolah atau kampus akan terbawa di pikiran anda dan menguatkan daya ingat akan pelajaran terebut.

2. Tulislah materi yang anda dapat dengan menggunakan tangan

Hal yang dapat dilakukan untuk memperkuat daya ingat lainnya adalah ketika anda mendapat materi pelajaran usahakanlah anda menulisnya dengan tangan anda sendiri. Dan kalau bisa anda membuat ringkasan mengenai pelajaran yang anda pelajari tersebut. Karena menulis dengan tanganmerupakan cara untuk menyerap informasi dengan lebih baik. Cara belajar ini pun sering digunakan oleh orang-orang yang memiliki prestasi baik.

3. Belajar dengan serius dan tekun

Salah satu cara belajar yang baik adalah anda mempunyai keinginan untuk belajar dengan tekun dan serius. Luagkan saja waktumu selama satujam untuk belajar tetapi dengan serius tanpa gangguan gadget atau yang lainnya. Dengan cara itulah anda dapat mendapatkan nilai yang memuaskan.

4. Mengevaluasi kembali demi hasil yang lebih baik

Kamu pernah mendapatkan nilai yang kurang memuaskan? Tidak usah khawatir itu adalah sebagai batu loncatan kamu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Ketika kamu mendapatkan nilai yang kurang memuaskan saat ujian. Biasanya ada beberapa kesalahan saat anda mengerjakan soal. Kesalahan-kesalahan tersebut bisa anda pelajari kembali dan jadikanlah itu sebagai bahan evaluasi anda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

5. Jangan malu bertanya

Kebiasaan buruk yang sering dijumpai lainnya adalah ketika anda kurang mengerti akan suatu pelajaran tertentu tetapi anda tidak mau bertanya karena alasan takut ditertawakan atau yang lainnya. Padahal jika anda belum mengerti sebaiknya anda tanyakan kepada guru, teman ataupun orang tua anda. Jangan sampai malu anda membuat prestasi anda buruk bukankah lebih baik ditertawakan daripada mendapat prestasi buruk.

6. Belajar Kelompok

Ada dari sebagian orang yang tidak bersemangat ketika anda belajar sendirian. Untuk itu anda perlu untuk melakukan belajar secara berkelompok. Selain dapat berkumpul dengan teman anda pun juga merasa termotivasi dan bersemangat untuk belajar. Gunakanlah kegiatan belajar kelompok ini sebagai ajang anda untuk benar-benar belajar. Jangan sampai anda saay bertemu dengan teman bukannya belajar malah membicarakan hal-hal yang tidak penting.
Nah bagaimana, tentunya tidak sulit bukan untuk melakukan hal-hal diatas dan mendapatkankan nilai yang bagus. 6 Cara Belajar Yang Baik diatas tidak akan berarti jika anda tidak memiliki kemauan untu belajar. Untuk itu sebelum anda belajar tanamkan dulu niat untuk belajar. Jangan lupa dibarengi dengan doa. Jika anda belajar dan berdoa pasti anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. 

Written by : Ewintri, S.Pd - PPG BK/K UPI 2015

Ewintri, S.Pd adalah salah satu peserta PPG BK/K UPI pasca SM3T 2015.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar