Home » » Tips Memilih Jurusan Kuliah

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Jika anda ingin masuk perguruan tinggi dan ingin mendaftarkan diri dibangku kuliah, sebaiknya anda harus memikirkan dengan matang jurusan kuliah yang mau anda ambil. Kebanyakan sekarang ini lulusan SMA/SMK/MA mengambil jurusan yang menurut mereka elite tanpa mempertimbangkan segala hal yang mungkin terjadi. Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi harus sudah menyiapkan jurusan yang akan diambil anda nantinya. Beberapa orang memang mengalami kendala dalam memutuskan jurusan apa dan perguruan tinggi mana yang akan mereka ambil karena sebagian orang tersebut belum mengetahui dimana minat dan bakat mereka.
Kesalahan dalam menentukan jurusan dapat menyebabkan banyak hal. Tidak banyak kan sekarang ini jika orang tidak atau belum menetapkan hati pada pada jurusan yang sesuai dengan potensinya mereka biasanya hanya ikut-ikutan,mengikuti keinginan orang tua ataupun hanya ingin sejurusan dengan pacar mereka. Hal yang perlu anda tahu sebelum menentukan jurusan yang ingin anda ambil adalah, anda harus menetapkan hati pada jurusan yang sesuai dengan minat,bakat,kepribadian serta potensi anda. Disini kami akan menguraikan 6 cara memilih jurusan kuliah yang tepat dan sesuai dengan potensi.

6 cara memilih jurusan kuliah yang tepat dan sesuai dengan potensi

1. Sesuaikan dengan minat dan bakat anda

Salah satu faktor yang utama untuk memilih jurusan yang tepat adalah anda harus menyesuaikan jurusan yang akan anda pilih dengan minat dan bakat anda jika anda dapat menyesuaikan dengan minat dan bakat anda pastinya anda akan menyenangi semua mata kuliah yang akan diberikan pada perguruan tinggi tersebut. Selain mampu untuk mengembangkan minat dan bakat anda,potensi terjadinya kejenuhan didalam perkuliahan pun dapat diminimalisir. Ingat lah sewaktu anda di SMA/SMK ataupun MA biasanya nilai mata pelejaran yang mendapat nilai paling bagus tersebut dijadikan patokan untuk mencari atau menggali minat dan bakat anda.

2. Memilih jurusan sesuai dengan cita-cita ataupun profesi masa depan

Coba kamu bayangkan cita-citamu ataupun profesi yang ingin kamu raih dimasa depan? Biasanya jika memilih jurusan sesuai dengan cita-cita atau profesi yang kamu raih dimasa depan ini kalian akan berusaha untuk sungguh-sungguh pada perkuliahan demi mencapai cita-cita dan profesi yang ingin anda raih dimasa depan. Jangan sampai anda ingin menjadi seorang konsultan psikologi tetapi masuk dalam dunia sastra. Dan jika ingin menjadi dokter tapi anda justru memilih jurusan penerbangan. Namun anda harus mendahulukan minat dan bakat anda terlebih dahulu.

3. Sesuaikan dengan Hobi anda

Jika anda masih bingung untuk menentukan jurusan sesuai dengan bakat dan minat anda, mungkin anda juga dapat mempertimbangkan hobi anda untuk memilih jurusan yang anda inginkan. Jika memang anda suka didunia penulisan bisa masuk pada jurusan jurnalistik dan jika memang anda sewaktu SMA/SMK/MA masuk dalam pilihan IPA dan anda justru suka dengan dunia IT suka membaca buku tentang pemrograman ataupun buku apapun yang ada sangkut pautnya dengan dunia IT maka anda dapat mengambil jurusan informatika.

4. Cari informasi secara akurat

Sebelum anda memasuki dunia perkuliahan ada baiknya anda mencari informasi terlebih dahulu tentang jurusan yang anda inginkan, mutu dan kualitas dari jurusan yang akan anda ambil, akreditasi dari jurusan yang akan diambil, biaya perkuliahan komunitas yang ada dikampus prospek lulusan nya dan lain sebagainya karna itu juga menentukan.

5. Mencari jurusan jangan sekedar ikut-ikutan

Mencari dan memilih jurusan jangan hanya sekedar ikut-ikutan teman ataupun disiruh oleh orang tua. Karena itu akan menimbulkan hal yang negatif jika memang anda tidak merasa nyaman pada jurusan tersebut. Bisa jadi anda bisa tidak mengerti apa materi yang diterima selama perkuliahan,anda bisa merasa jenuh kuliah dan anda pun bisa saja memutuskan untuk membolos kuliah. Dan akhirnya bukan hanya dirimu yang merasa rugi tetapi orang tua mu juga akan merasa kecewa karena sikapmu yang seperti itu, jika memang keinginan kita berbeda dengan keinginan orang tua anda dampak negatif dari memaksakan kuliah dijurusan yang memang tidak anda minati.

6. Carilah alternatif jurusan

Jangan sampai anda mencari jurusan hanya mengandalkan satu jurusan saja. Iya kalau kalian diterima pada jurusan tersebut. Jika tidak? Anda  bisa jadi justru tidak jadi kuliah dan anda malah menganggur. Jadi pastikan anda memilih jurusan yang dapat anda jadikan alternatif.
Referensi :
http://caracepat.biz/6-cara-memilih-jurusan-kuliah-yang-tepat-dan-sesuai-dengan-potensi.html

Written by : Ewintri, S.Pd - PPG BK/K UPI 2015

Ewintri, S.Pd adalah salah satu peserta PPG BK/K UPI pasca SM3T 2015.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar